Cara Membuat “Alias” di Command Line Linux Mint 12

Menggunakan command line di terminal Linux memang terasa cukup sulit dan ribet, apalagi kalau memang baru menggunakan Linux. Namun sebenarnya hal ini cuma masalah kebiasaan menggunakannya saja. Dengan sedikit latihan dan mengulangnya beberapa kali, pasti bisa dan biasa untuk berinteraksi melalui command line di terminal Linux.
Di command line terminal Linux dikenal fungsi alias. Maksudnya adalah kita tidak perlu mengetikkan perintah-perintah yang panjang, dengan membuat alias, kita bisa menyingkat perintah tersebut sesuai kemauan kita, asalkan tidak sama dengan perintah lainnya yang ada di command line. Sebagai contoh, kita hanya perlu mengetikkan “instal” untuk menyingkat perintah “sudo apt-get install”. Menarik bukan? Ya, tentunya bisa memaksimalkan waktu pengetikan perintah di terminal. Bagaimana cara membuat alias di Linux Mint 12?
Cara membuat alias untuk perintah-perintah yang panjang sebenarnya cukup mudah. Kita hanya perlu membuat sebuah file kosong di folder home kamu (klik kanan lalu pilih Create New>>Blank File) lalu beri nama “.bash_aliases” tanpa tanda petik. Kemudian buka file tersebut dan isikan parameter  dengan format berikut ini: alias nama_baru='perintah_lama'. Ini fungsinya untuk membuat nama baru untuk perintah-perintah yang ingin kita rubah namanya nanti.
Buat File Baru bash_aliases
Lanjut, masih di file “.bash_aliases”, sekarang kita tinggal menambahkan baris perintah yang akan kita rubah aliasnya. Contohnya lihat di bawah ini:
alias instal='sudo apt-get install' (kata “instal” digunakan untuk mengganti perintah “sudo apt-get install”)
alias apdet='sudo apt-get update' (kata “apdet” digunakan untuk mengganti perintah “sudo apt-get update”)
Akan tetapi, Anda harus ingat tidak boleh menggunakan alias dengan perintah yang sudah ada seperti contoh di bawah ini:
alias install='sudo apt-get install' (kata "install" tidak boleh di gunakan)
Anda juga tidak boleh menggunakan spasi untuk mengetikkan perintah alias, contohnya:
alias apt install='sudo apt-get install' (tidak benar)
alias apt-install='sudo apt-get install' (yang benar)
Jangan lupa save file “.bash_aliases” yang sudah Anda buat tadi. Mudah bukan? Silahkan bereksperimen menggunakan alias di command line Linux, jika ada yang salah silahkan koreksi saya melalui kolom komentar di bawah

Penulis : Unknown | Sebatas Pengetahunaku | Blog + Magazine | Just Unique Post

Artikel Cara Membuat “Alias” di Command Line Linux Mint 12 ini dipublish oleh Unknown pada hari . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Cara Membuat “Alias” di Command Line Linux Mint 12
 

0 komentar:

Posting Komentar